Tips Cara Membuat Aransemen Musik Pop Rock

cara teknik membuat aransemen musik pop rock

TIPS TUTORIAL CARA ARANSEMEN MUSIK POP DAN ROCK


- Tentukan dahulu stylenya, nada dasar serta tempo.

- Mulai cari basic rhythm nya yakni dengan menentukan birama, umumnya musik pop dan rock berada di birama 4/4 atau 2/4, setelah itu tentukan dasar iramanya.

- Cari, kembangkan dan pastikan progresi chord nya, misalkan nada dasarnya DO = C, maka; family chordnya berada di harmonisasi C, untuk melodi coba pilih diantara; major scale (C), minor scale (A), pentatonic scale (A & C), dominant scale (G), blues scale (A), minor harmonic (A, jika ada akord E sebagai ganti Em), chromatic scale (untuk passing, ini scale yg kreatif), arpeggio-arpeggio dari progresi chord-chordnya, dan lain-lain...

- Untuk mempermanis aransemen, buatlah intro yang bagus karena pemikat awal atau pertama kali yang didengar oleh pendengar adalah intro, ada kecenderungan jika intronya bagus maka pendengar akan penasaran untuk terus mendengarkannya.

- Dan sebagai ornamen / penghias komposisi gunakan juga banyak bridge chords untuk gitar, bass dan keyboard.

- Untuk drum gunakan variasi pada masing-masing part dari mulai intro, verse, bridge, chorus sampai ending dengan variasi-variasi pukulan yang dibuat sedikit berbeda tapi tetap dalam satu style (terkecuali kalau kita mau main progresif atau kreatif maka boleh tiap part memiliki stylenya sendiri-sendiri atau boleh acak birama, sedangkan untuk pop dan rock umumnya cukup memberikan beberapa tambahan kecil untuk tiap partnya supaya tidak monoton).

- Serta jangan lupa juga masing-masing instrumen wajib memahami harmoni instrumen, timing, part leading, dan lain-lain...

- Membentuk karakter musik bisa juga lewat penekanan lirik, jika aransemennya cenderung bertujuan untuk menguatkan pesan yang ada didalam lirik maka beri ruang saat ada lirik yang ingin ditonjolkan, artinya instrumen jangan terlalu 'bermain' disaat ada kata-kata yang ingin ditonjolkan.

Bila perlu awali dengan hentakan gitar atau drum supaya pendengar bisa mendapatkan 'aba-aba' untuk mendengar liriknya lalu buat instrumen agak 'silent' di part yang tertuju supaya liriknya jelas terdengar.

- Buatlah ending yang memiliki kesan yang klimaks lalu akhiri dibagian paling ujungnya dengan soft playing atau jika ingin terus klimaks skaligus unlimited maka gunakan cara 'fade out' (makin lama makin kecil).

- Sering kita mendengar komposisi yang terlalu ‘root note’, coba biar pop atau rock nya kamu lebih memiliki kesan ‘berkelas’ alias gak picisan, maka bumbui dengan bermain mode pada gitar, bass dan keyboard, jika progresi kordnya jarang pindah…

- Sekali-kali si drummer memperbanyak aksen pada beat kedua atau keempat (supaya sedikit goyang perkecil pukulan beat 1 dan 3).

- Jika tujuan pembuatan lagu / musik kalian ingin agar para pendengar ikut kedalamnya maka jangan pakai chord-chord yang statik tapi gunakan chord-chord yang memiliki leading pada bass atau gabungkan 2 chord kedalam satu permainan seperti slash chords.

- Musik pop umumnya bermain di major dan minor (do dan la) dan rock di pentatonik dan blues scale, coba biar pop nya berasa rock kasih blues scale dan kalau mau rock nya ada nuansa pop nya kasih major dan minor.

- Cara agar chorus lagu menjadi kuat (selain pemilihan nada yang menarik) adalah awali dengan bridge yang bagus, sebab bridge yg keren itu akan membuat chorus nya memiliki klimaks yang panjang dan memuaskan :-)

- Gitar memang sering leading dalam instrument, namun sekali-sekali beri kesempatan pemain bass untuk solo sejenak sebelum interlude atau sebelum lead, atau bisa juga drum soloing di part-part yang sejenak.

- Keyboardist harus paham penempatan kapan main piano dan kapan string blocking, dan tahu fill in yang manis disela-sela beat.

- Bungkam para pengkritik musik kalian dengan lagu yang catchy (karena pop dan rock identik dengan catchy sound) namun ungguli dalam aransemen yang mumpuni, (aransemen yang berkelas tidak harus terdengar ribet, justru yang paling berkelas itu jika terdengar gampang tapi ketika dikulik ternyata komposisinya rumit, ini baru luar biasa)


(Words/Lesson By Dani MKD @Reyal Musik)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Jasa Pembuatan Musik/Lagu Terbaik, Biaya Murah

small price but BIG quality!, hasil profesional dengan biaya terjangkau



Reyal Musik sanggup menggarap lagu/musik mentah menjadi karya yang matang dan istimewa, membuat lagu/musik sesuai keinginan anda, mewujudkan keinginan anda untuk memiliki karya dalam bentuk hasil rekaman yang memuaskan dan maksimal, jika yang anda cari high quality dengan 'low price' maka saat ini anda sedang berada persis di informasi yang tepat, kami tunggu orderan anda...


REYAL MUSIK

Jl.Tugu No.1 RT 4 / RW 4

Cipayung Jakarta Timur

(WA/Call) : 0812 8095 1862

www.reyalmusik.com

www.studioreyalmusik.com

www.belajarmusik.net