Cara Membuat Aransemen Musik / Lagu Dari Perspektif Nada

Cara / Teknik Membuat Aransemen Musik / Lagu
Cara Membuat Aransemen Musik / Lagu Dari Perspektif Nada 




Aransemen Musik / Lagu secara sederhana bermakna teknik penataan musik / lagu yang direncanakan, dibuat dan diwujudkan. Banyak sekali tipe-tipe atau jenis-jenis maupun unsur-unsur aransemen, kali ini saya akan membahas tentang konsep pembuatan aransemen musik / lagu dari sudut pandang (perspektif) nada.

Nada adalah bunyi yang frekuensinya teratur, nada adalah pondasi musik, nada yang diurutkan secara teratur dari yang paling rendah ke yang paling tinggi biasa kita sebut sebagai scale (tangga nada), nada selain tunggal juga bisa menjadi harmoni (jamak), harmoni nada yang paling dasar biasa kita sebut dengan chord / kunci yang umumnya merupakan gabungan beberapa nada.

Nah kali ini, saya akan menjabarkan tentang cara membuat aransemen dari perspektif nada, yakni; 

1. Cara Membuat Aransemen Linear (Horizontal)
2. Cara Membuat Aransemen Struktur (Vertikal)

Aransemen Linear (Horizontal)

Teknik atau cara membuat aransemen musik / lagu secara linear adalah suatu cara yang berdasarkan pada penerapan tangga nada (scale) dalam membuat rangkaian melodinya, misalnya dalam pembuatan komposisi aransemen kita menggunakan tangga nada mayor atau minor, bisa juga kita menggunakan scale tertentu seperti pentatonik minor, dominant scale, atau lainnya dalam pembuatan melodi nya.. jadi semua ini adalah pilihan kita atau kecondongan kita atau 'taste' (selera) musikal kita.. misalnya pemusik yang menggunakan major atau minor scale umumnya berafiliasi ke genre-genre musik populer seperti pop, contoh lain yang menggunakan pentatonik minor, blues scaledominant scale dan chromatic scale cenderung ke genre musik blues, country, folk, jazz, funk, rock, dan lain-lain.

Aransemen Struktur (Vertikal)

Teknik atau cara membuat aransemen musik / lagu secara struktur adalah suatu cara yang berasaskan pada penggunaan chord / kunci, baik progresi chord, family chord, running chord, bridge chord, dan lainnya. Dengan teknik ini kita membutuhkan wawasan pengetahuan chord yang memadai, juga sangkut pautnya dengan scale, karena chord itu berasal dari tangga nada (scale), penerapan chord yang baik, tepat dan benar pada suatu komposisi aransemen musik / lagu akan sangat mempengaruhi kualitas harmoni dari suatu karya musikal, chord bisa mendatangkan kualitas yang mumpuni jika kita betul-betul memahami penerapannya, bahkan ada beberapa arranger musik (penata musik) yang bisa membuat iringan (progresi) chord yang berbeda-beda terhadap satu rangkaian melodi yang dibuat. Untuk memahami chord ada baiknya anda membaca artikel ini Cara Mencari Chord Kunci Lagu Dan Belajar Lengkap Chord / Kunci Gitar, Piano & Bass 

Selamat belajar, dan semoga bermanfaat


( Words & Lesson by Dani Mkd @ReyalMusik )










Tidak ada komentar:

Posting Komentar