Cara Membuat Aransemen Chord Pada Lagu / Musik

Cara Menentukan Kunci Gitar / Piano Pada Lagu / Musik

Cara Membuat Aransemen Chord Pada Lagu / Musik 

Chord atau biasa disebut kunci adalah salah satu faktor penentu utama dari baik tidaknya aransemen musik secara keseluruhan, penggunaan dan penerapan chord-chord gitar / piano / keyboard / bass / biola yang tepat akan sangat membantu meningkatkan kualitas dari suatu aransemen lagu / musik. Jika kita mengetahui trik atau rumus progresi chord (pergerakan kunci / chord) tentu kita akan lebih mudah dalam membuat komposisinya untuk aransemen, namun sebaliknya bila tidak tahu rumusnya / teorinya pasti akan kesulitan menerapkan dan menentukan pilihan-pilihan chord yang baik, tepat dan berkualitas, bahkan yang lebih fatal lagi adalah salah dalam menentukan chord-chord dasar yang tepat pada lagu / musik. Atas dasar inilah seorang pemain musik terutama musisi-musisi dalam format band maupun format lainnya harus berusaha keras untuk mempelajari cara membuat aransemen chord pada lagu / musik, karena ini akan menentukan kualitas permainan kita, kualitas karya kita dan juga musikalitas kita.

Di artikel kali saya akan menjelaskan tips-tips penggunaan chord untuk aransemen lagu / musik. Secara umum dalam suatu komposisi aransemen sebuah lagu / musik, chord dibagi menjadi 3 bagian pokok;

1. Chord / Kunci Pokok (Utama)
2. Chord / Kunci Variasi
3. Chord / Kunci Penghubung (Bridge Chords) Dan Passing Chord (Kunci Lewat). 


Chord / Kunci Pokok (Utama)

Adalah kunci-kunci atau progresi chord yang merupakan kunci lagu / musik, atau bisa juga dikatakan chord / kunci iringan dasar untuk sebuah lagu. Chord pokok ini sangat penting sekali karena merupakan kunci pondasi dari sebuah lagu, dan chord pokok ini wajib dan harus ada sebab mustahil sebuah lagu bisa diiringi instrument bernada seperti gitar, piano, keyboard, dll jika tanpa chord / kunci pokok (utama) nya. Kesimpulannya setiap lagu pasti memiliki chordnya. Berikut ini contoh progresi chord pokok yang sederhana untuk sebuah lagu.


Contoh :   G   Em   C   D

Chord / Kunci Variasi

Adalah kunci-kunci yang tidak sepenting chord pokok, namun kehadirannya akan sangat bisa membuat lagu / musik menjadi lebih enak, bagus, berkualitas dan hidup. Intinya kunci variasi ini semacam ornamen (hiasan) dengan tujuan untuk memperindah suatu komposisi aransemen lagu / musik serta membuat variasi-variasi musikal yang lebih dinamis dan harmonis. Ibaratnya, rumah semegah apapun jika tidak di-cat akan terlihat kurang bagus, disini kita bisa menganalogikan fungsi cat itu seperti fungsi chord / kunci variasi. Kunci-kunci variasi yang sering digunakan terutama di genre-genre pop / rock umumnya dengan kunci sus (suspended chords) seperti sus2 dan sus4 serta chord-chord variasi lainnya seperti major6, add9, add11, dan lain-lain. Berikut ini contoh penggunaan kunci variasi.


Contoh : G   Gsus4   G6   Em   Emadd9   C   C-5   D   Dsus4   Dsus2   D

(*keterangan: yang berwarna hijau adalah kunci variasi, yang biru adalah kunci pokok)

Chord / Kunci Penghubung (Bridge Chords) Dan Passing Chord (Kunci Lewat)


Kunci penghubung / Bridge Chords adalah kunci-kunci yang digunakan sebagai jembatan / penghubung dalam perpindahan chord, tujuannya agar permainan progresi chord sebuah lagu / musik menjadi lebih indah, enak didengar, berkualitas dan bagus. Permainan Bridge Chords adalah salah satu penentu bagus / jenius tidaknya sebuah karya. Untuk bisa menerapkannya tentu membutuhkan jam terbang tinggi dalam pengalaman bermain musik, berwawasan musik yang luas, serta paling utamanya tentu memiliki bakat musikal yang ideal. Bridge chords atau kunci penghubung memiliki rumusan-rumusan tertentu untuk bisa diterapkan dengan baik (tidak sembarang chord bisa digunakan). Sekarang kita bahas Passing Chord, apa itu Passing Chords? dan bedanya apa dengan bridge chords?... Passing chord adalah kunci / chord lewat, sederhananya bermakna kunci yang dimainkan sesaat sebelum memainkan kunci utama, kalau begitu, mirip dong dengan bridge chords? ya hampir mirip tapi berbeda, bridge chords memiliki aturan teori (rumusan tertentu) sedangkan passing chords itu bebas alias boleh menggunakan kunci / chord apapun selama ia dimainkan hanya sekejap sebelum ke chord tujuan (pokok). Berikut ini contoh penggunaan bridge chords dan passing chords.

Contoh : G    G/F#    Em    G7    C    Am7    C#   D    D7    Daug

(*keterangan: yang berwarna hijau adalah bridge chords, yang coklat adalah passing chord dan yang biru adalah kunci pokok)

Selamat belajar dan terus berlatih keras....


Jika anda ingin les musik (gitar, bass, piano keyboard, drum) dengan metode terbaik dan profesional namun berbiaya sosial (murah), silahkan klik DISINI untuk info lengkapnya.




( Words & Lesson by Dani Mkd @ReyalMusik )



Video tutorial cara membuat lagu dengan kunci / chord yang gampang dan enak. Kumpulan chord / kunci-kunci yang gampang dan paling enak untuk membuat lagu (cara bikin lagu dengan kunci-kunci yang mudah, gampang dan enak didengar), silahkan simak tutorialnya, semoga bermanfaat.
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar